Kamis, 26 Januari 2017

Cara Mengetahui dan Mengecek NISN

Sebagai operator sekolah yang menangani pendataan siswa baik di SD, SMP dan SMA/SMK tentu selalu berhubungan dengan NISN yaitu Nomor Indu... thumbnail 1 summary
Sebagai operator sekolah yang menangani pendataan siswa baik di SD, SMP dan SMA/SMK tentu selalu berhubungan dengan NISN yaitu Nomor Induk Siswa Nasional. Sudah banyak yang mengetahui bahwa NISN merupakan kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar, nasional dan berlaku sepanjang masa yang dapat menjadi pembeda antara siswa yang satu dengan siswa yang lain. 

NISN sendiri diberikan saat siswa mulai masuk kelas 1 sekolah dasar. Sistem pengelolaan NISN secara nasional dilakukan oleh PDSPK Kemendikbud (Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. NISN juga merupakan bagian tak terpisahkan dari Dapodik (Data Pokok Pendidikan).

Untuk mengetahui NISN siswa di sekolah, bisa kita cek melalui halaman http://nisn.data.kemdikbud.go.id. NISN dalam website tersebut bersifat terbuka, bisa diakses oleh siapa saja, tidak hanya oleh operator sekolah, namun siswa atau orang tua juga bisa mengecek NISN secara mandiri pada website tersebut. Lalu bagaimana cara mengecek NISN tersebut? Meskipun terbuka, namun ada batasan-batasan tertentu yang digunakan untuk mengakses. Nah, untuk mengecek NISN dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini. 
  1. Pastikan laptop/komputer/android/tablet terhubung dengan jaringan internet. 
  2. Masukkan alamat NISN http://nisn.data.kemdikbud.go.id pada address bar
  3. Pilih dan klik menu data siswa
  4. Ada dua pilihan untuk melakukan pencarian NISN, pertama dengan langsung mengisikan NISN pada field yang disediakan. Kedua Pencarian berdasarkan nama.
  5. Untuk pencarian berdasarkan nama, dapat dilakukan dengan mengisi field nama siswa, tempat lahir dan tanggal lahir.
  6. Selanjutnya klik Cari
  7. Jika siswa tersebut sudah memiliki NISN, maka akan langsung ditampilkan. 
  8. Bila belum memiliki NISN, maka harus segera diajukan, cek progresnya di halaman di http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id untuk status pengajuan atau perubahan NISN.

Sekedar mengingatkan, NISN menjadi salah satu ID key yang memiliki peran sangat vital dalam bidang pendidikan selama siswa tersebut mengikuti pendidikan formal. Sebagai salah satu ID Key data individu peserta didik, NISN dituliskan di Ijazah yang dikeluarkan oleh tiap jenjang pendidikan.

Tidak ada komentar

Posting Komentar